Semangat Menyambut Ramadhan ~ “Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu juga dibukakan pintu Surga serta ditutupnya pintu-pintu Neraka…” (Riwayat Ahmad)

Kamis, 01 Januari 2015

Profil SDIT Al Ghifari

Sekolah Islam Terpadu Al Ghifari 

Sekolah ini berdiri tahun 2013. Berdiri dibawah payung yayasan komunitas ad da'wah muhsinin. Berdirinya sekolah kami sebagai langkah dari yayasan kami dalam memberikan fasilitas pendidikan islam yang berkualita tapi dapat dijangkau biayanya oleh semua kalangan.

Konsep sekolah kami adalah sekolah berbasis Al Qur'an. Target kelulusan anak kami lancar membaca al Qur'an dan hafal minimal 3 juz. Langkah yang diterapkan di sekolah kami untuk mencapai target tersebut adalah menetapkan pengajaran al qur'an 15 jam per pekan. Pagi hari murojaah, siang hari belajar membaca dan menambah hafalan, selepas zuhur murojaah kembali.

Konsep pembiayaan kami berasaskan ta'awun. Siswa yang mampu membayar biaya pendidikan scara penuh maka sudah berkontribusi dalam membantu siswa-siswa dhuafa dan yatim. Siswa yatim kami berikan fasilitas pendidikan gratis sampai lulus, sementara siswa yang belum sangup memenuhi biaya pendisikan dapat mengajukan keringanan biaya.



Keunggulan SDIT AL GHIFARI
Sekolah Islam Terpadu Al Ghifari memiliki beberapa program unggulan yang merupakan pengaplikasian dari target karakter yang sudah ditetapkan (Qurani, Mandiri, Berani, dan Peduli).

Program-program tersebut adalah :
1. Program murojaah dan meghafal Quran setiap hari
Program ini dilakukan setiap hari yang terbagi dalam 3 termin/sesi. Sesi pertama dilakukan murojaah pada saat pembukaan kelas. Sesi kedua saat pelajaran Al Quran. Sesi ketiga dilakukan sebelum dan setelah sholat dzuhur. Ini dilakukan agar hafalan yang dimiliki siswa didik tetap melekat dengan kuat. Dan setiap hari jumat dilakukan murojaah dari surat pertama yang dihafal (An Nas) sampai surat terakhir.

2. Program Sholat berjamaah
Program ini dilakukan pada dua waktu yaitu sholat dhuha dan sholat dzuhur. Program ini diterapkan sebagai pendidikan awal kepada siswa didik untuk tertib beribadah. Alhamdulillah sebagian besar siswa-siswi di Sekolah Al Ghifari selalu sholat dengan tertib.

3. Program kemandirian siswa
Program ini teraplikasi dalam mata pelajaran seni budaya dan keterampilan (SBK). Mata pelajaran ini (SBK) kami modifikasi, tidak hanya memiliki indikator kesenian dan keterampilan tangan, tapi juga keterampilan dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, mencuci sepatu/sandal, memasak dan lain-lain. Selain itu Sekolah Al Ghifari juga memiliki mata pelajaran kewirausahaan. Skill atau keahlian berbisnis mulai diajarkan melalui program market day dan produksi daur ulang sampah menjadi produk bernilai jual.

4. Program fieldtrip / kunjugan
Program ini dilaksanakan 3 kali setiap tahunnya. Kunjungan-kunjungan yang dilakukan terbagi dalam 3 bagian yaitu,
a. Fieldtrip kecil, kunjungan ke tempat/objek/daerah sesuai dengan tema yang diusung tiap kelompok/rombongan belajar
b. Kunjungan ke Islamic Book Fair, kunjungan ini bertujuan untuk membudayakan anak membaca dan mengenal dunia islam melalui event-event yang ada.
c. Fieldtrip besar, kunjungan ini dilakukan ke daerah/objek/tempat yang memiliki karakter/nilai wirausaha. Diharapkan kegiatan ini mendorong minat siswa didik dibidang wirausaha.

5. Program market day
Program ini adalah program menghadirkan miniatur pasar disekolah. Program ini dilaksanakan sebagai sarana memandirikan anak dalam mengelola dan menjajahkan produksi kelompok-kelompok mereka kepada konsumen. Program ini juga sarana membuat anak berani dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, karena program ini tidak hanya dilakukan antar siswa tapi juga mengundang orang tua bahkan masyarakat sekitar sekolah.

6. Program pemeriksaan kesehatan
Program ini rutin dilakukan setiap semesternya, bertujuan untuk mengetahui perkembangan kesehatan siswa didik, mulai dari kulit, rambut, gigi dan seluruh anggota tubuh.

7. Program outbond
Program ini dilakukan sekali dalam setahun. Biasanya diadakan pada semester ganjil. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian siswa, meningkatkan ketangkasan siswa dan mengokohkan kerjasama serta kekompakan antar siswa.

0 comments:

Posting Komentar